Sabtu, 07 Februari 2015

Tips Lulus SNMPTN



       Kawan kawan Ku khususnya yang sudah kelas 12 tidak lama lagi kita bakal menjalani UN yang katanya sudah tidak menjadi penentu kelulusan namun bagi kita yang ingin melanjutkan ke jenjang bangku perkuliahan UN masihlah salah satu faktor yang sangat menentukan bisa tidaknya kita untuk masuk ke universitas yang kita inginkan ini.
      Adapun postingan kali ini saya akan menjelaskan tentang tips tips untuk kawan kawan ku yang akan mengikuti SNMPTN. oke langsung saja pertama yang menjadi sorotan itu adalah :

1. Nilai Raport
Secara umum SNMPTN adalah nilai raport yg di UN kan yang dijadikan acuan penerimaan. Untuk perbandingan antara  si A dan B, maka secara umum akan dilihat nilai total dari rapor diantaranya siapa yang memiliki nilai tertinggi.

2.Nilai permata pelajaran
Misal si A dan si B ambil jurusan biologi di kampus yg sama. Secara peringkat si A kalah, tapi nilai biologi si A lebih baik dari si B. maka si A tetaplah bisa bersaing dengan si B bahkan dalam pertimbangan yang lain bisa saja si A yang berhasil masuk.

3. Passing Grade
Passing grade juga menjadi salah satu faktor penentu untuk masuk ke jurusan yang akan kita ambil . jadi bagi teman teman ku juga harus melihat passing grade jurusan yang akan kita ambil bagaimana tingginya karena sangat berpengaruh bagi kita karena tentu saja kita akan menemui banyak saingan dalam PTN yang akan kita ambil

4. Prestasi di luar kelas.
Kalian juga dapat melampirkan maksimal 3 prestasi terbaikmu. Piagam atau sertifikat di scan terus upload ke panitia ketika pendaftaran SNMPTN Undangan. karena dapat menjadi bahan pertimbangan untuk Universitas untuk menerima kalian.

5. Akreditasi/Prestasi Sekolah
Prestasi sekolah di ajang kompetisi2 juga bisa menjadi pertimbangan.

6. Prioritas pilihan jurusan
Bedasarkan survey tahun 2012, 92% undangan diterima di kampus pilihan I (baik jurusan pertama atau kedua). jadi mesti diperhatikan urutan pemilihan jurusannya juga.

7. Jumlah Alumni di PTN tempat mendaftar
Jumlah alumni SMA yang kuliah di PTN tempat kamu daftar juga menjadi pertimbangan penerimaan SNMPTN Undangan. Semakin banyak tentu semakin bagus.

8. Pengembangan SDM Daerah
Beberapa PTN memberi jatah pada daerah daerah tertentu yg kekurangan SDM. Terutama jurusan yang menyangkut kesejahteraan masyarakat, seperti dokter. Karena nanti setelah lulus diharapkan bisa kembali dan meningkatkan kesejahteraan daerah asalnya.

9. Aturan Khusus tiap PTN
Aturan dari kampus perlu diperhatikan, terutama tentang “lintas jurusan” dan “surat pernyataan kesediaan membayar”.


Selain itu konsinten nilai rapor juga sangatlah berpengaruh dalam artian Universitas sangatlah menilai bagaimana grafik nilai siswa yang bakal diterima apakah itu menurun atau kah meningkat dari semester pertama hingga terakhir.

Dan saya pesankan kepada kawanku semua janganlah memaksakan kehendak misalnya kita ingin masuk fakultas kedokteran dimana nilai kita yang pas pasan dan tidak di dukung oleh sertifikat lomba lomba. saya sarankan agar kawanku memilih jurusan lain karena masih banyak jurusan yang bisa kita pilih yang lain yang lebih baik karena percuma kita masuk kalau dalam skills kita memang tidak bisa.

Bagi kawanku kenalilah Universitas yang anda akan pilih supaya tidak sampai salah pilih. Sertifikat Akademis juga dapat kawan kawan ku gunakan. Jujur saya sendiri tidak punya sertifikat apa-apa untuk diajukan pada panitia Snmptn Undangan karena memang saya tidak pernah ikut OSN atau lomba yang lain. hehe tapi untuk yang punya silahkan ajukan karena itu juga sangat berpengaruh namun satu yang diingat jangan terlalu berharap dengan snmptn, masih banyak jalan lain menuju roma.
Sekian dulu postingan saya jika ada kekurangan mohon dimaafkan mudah mudahan kawanku semua bisa diterima di PTN yang kawanku inginkan. Wassalam
Bagikan disini
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 Blog Pelajar_49
Designed by Andi yaya
Posts RSSComments RSS
Back to top